Teknologi Perkantoran
Ø Pengertian
Teknologi Perkantoran
“Teknologi perkantoran” adalah ilmu yang mempelajari tentang keterampilan yang dapat mewujudkan sesuatu yang rasional sedangkan "Kantor" adalah tempat dimana berlangsungnya pekerjaan kantor. Jadi, Teknologi Perkantoran adalah ilmu yang diaplikasikan dalam
kegiatan perkantoran , digunakna untuk mencatat, menghimpun, mengelola, memperbanyak, mengirim, dan menimpan data secara efisian dan efektif.
Ø
Tujuan Teknologi Perkantoran
1)
Penggabungan
penerapan teknologi.
2)
Memperbaiki
proses pelaksanaan pekerjaan di kantor.
3)
Meningkatkan
produktifitas dan efektivitas pekerjaan
4) Otomatisasi
kantor memberikan kemampuan antar manajer untuk saling melakukan komunikasi
dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
5)
Peningkatan
komunikasi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
Ø
Manfaaat Teknologi Perkantoran
1)
Manfaat
terhadap ketenagaan kerja yaitu,
a.
Peningkatkan
mutu tenaga kerja
b.
Meningkatkan
kegairahan dan kedisiplinan kerja
c.
Meningkatkan
penghasilan bagi tenaga kerja
d.
Meringankan
tenaga dan pikiran pegawai
2)
Manfaat
terhadap prosedur kerja yaitu,
a.
Memepercepat
penyelesaian pekerjaan
b.
Menyederhanakan
prosedur kerja atau memperpendek mata rantai penyelesaian pekerjaan
c.
Memperlancar
pekerjaan
d.
Mempermudah
penyelesaian pekerjaan
3)
Manfaat
terhadap hasil kerja yaitu,
a.
Meningkatkan
mutu hasil pekerjaan kantor
b.
Mempertinggi
jumlah hasil pekerjaan
c.
Memenuhi
hasil standar tertentu
d.
Memperoleh
keseragaman bentuk, ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor
Ø
Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi
Perkantoran
1)
Kelebihan
teknologi perkantoran
a.
Karyawan
diperkantoran jadi mudah dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.
b.
Mempermudahkan
pekerja mengetahui cara cara yang belum diketahui untuk menyelesaikan
tugasnnya.
c.
Pekerjaan
jadi lancar lancar saja jika teknologi selalu berkembang
d.
Tidak
ada hambatan dalam menyelesaikan tugasnnya
e.
Urusan
pekerjaan diperkantoran jadi lebih mudah diselesaikan
f.
Dengan
berkembangnya dalam teknologi yang didapatkan maka urusan yang dilakukan untuk
tujuan tersebut dapat dikerjakan secara cepat
2)
Kekurangan teknologi perkantoran
a.
Pekerjaan
tidak bisa mudah mengerjakan tugasnya dikarenakan tidak adanya peralatan
perkantoran.
b.
Jika
tidak ada perkembangan teknologi ini maka, karyawan diperkantoran sulit dalam
melaksanakan pekerjaannya.
c.
Lebih
sulit dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan komputer.
d.
Tidak
bisa mengetahui pengetahuan lain
e.
Akan
mengalami kesusahan si pekerja tersebut apabila teknologi tersebut kurang
berkembang.
Komentar
Posting Komentar