Laporan

  • Pengertian Laporan
        Laporan adalah suatu bentuk penyampaian,berita,keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang pemuda pancasila.

  • Kegunaan Laporan
        - Sebagai pertanggung jawaban  kepada atasan atas apa yang telah kuta lakukan maupun uang yang kita gunakan.
        - Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan lainnya.


  • Macam - macam Laporan
 1. Laporan dalam bentuk formulir
 2. Laporan dalam bentuk sura
 3. Laporan dalam bentuk memorandum (memo)
 4. Laporan dalam bentuk naskah
 5. Laporan dalam bentuk buku


  • Sistematika Laporan
       Adalah urutan letak dari bagian - bagian yang ada dalam sebuah laporan secara garis besar semua laporan memiliki
3 bagian utama yang terdiri dari:bagian awal/pendahuluan,bagian inti,bagian penutup.


  • Teknik Menyusun Laporan
1. Isi laporan singkat dan padat
2. Isi laporan runtut atau sistematis
3. Isi laporan mudah di pahami
4. Isi laporan lengkap
5. Isi laporan menarik penyajiannya
6. Isi laporan berpegangan pada.                        fakta,data,dan persoalanya
7. Penyajiannya tepat waktu

  • Praktek Menyusun Laporan
1. Pendahuluan (latar belakang,nama kegiatan,maksud dan tujuan)
2. Pelaksanaan kegiatan diantara (waktu,target peserta,jenis kegiatan,fasilitas dan lain²)
3. Pelaksanaan kegiatan (lebih kearah rencana yang telah terlaksana)
4. Evaluasi dan hasil pelaksanaan (berisikan kesimpulan yang di dapat dalam kegiatan
5. Penutup (berisikan kalimat ucapan terimakasih dan memohon maaf atas segenap kelurangan dalam kegiatan
6. Lampiran (foto kegiatan,bukti pembayaran).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Menyurat