Tata Kelola Ruang Kantor
A. Pengertian Tata Kelola Ruang Kantor:
Istilah tata ruang kantor berasal dari bahasa inggris, yaitu office layout atau sering disebut juga layouut saja. Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebagainya didalam ruangan yang tersedia.
√ Tujuan Dari Penataan Ruang Kantor:
1. Tata Ruang Tertutup
Istilah tata ruang kantor berasal dari bahasa inggris, yaitu office layout atau sering disebut juga layouut saja. Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebagainya didalam ruangan yang tersedia.
√ Tujuan Dari Penataan Ruang Kantor:
- Memberikan kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi dan arus kerja.
- Memberikan kondisi kerja yang baik bagi setiap orang.
- Memudahkan pengawasan sehingga manajer dapat melihat staf yang sedang bekerja.
- Memberikan kemudahan yang tinggi kepada setiap gerakan karyawan dari meja ke meja.
- Mempergunakan segenap ruangan dengan baik.
- Terciptanya kesan yang baik tentang organisasi tersebut dari relasi dan tamu yang datang.
- Pelaksanaan pekerjaan dapat menempuh jarak yang terpendek.
- Merencanakan suatu kantor dengan baik akan memberikan efisiensi melakukan pekerjaan.
- Penghematan penggunaan ruang lantai yang tepat.
- Pengawasan dapat dipermudah.
- Hubungan dapat dipercaya.
- Perlengkapan dan mesin kantor berguna lebih baik.
- Jalannya pekerjaan lebih lancar.
- Menambah kesenangan dan semangat bekerja bagi karyawan.
1. Tata Ruang Tertutup
Suatu tata ruang dikatakan terpisah pisah atau tertutup apabila susunan ruang untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa bagian.
•Keuntungannya:
Susunan ruang yang dipergunakan untuk ruang bekerja tidak terpisah pisahkan atau tidak menggunakan penyekat, tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka sehingga semua yang bekerja tampak mudah diamati dari suatu sudut pandang.
•Keuntungannya:
•Keuntungannya:
- Moral pekerja atau staf tetap terjaga.
- Pekerjaan yang sifatnya rahasia teteap terjaga.
- Menghindari gangguan dati pekerja satu ke yang lainnya.
- Pimpinan akan lebih tenang dalam mengerjakan tugasnya karena tidak terganggu oleh kegiatan para karyawan.
- Pengawasan lebih sulit dilakukan karena terhalang oleh penyekat.
- Cahaya sulit masuk dan udara sulit beredar sehingga suasana lebih pengap dan gerah.
- Apabila terjadi penambahan pegawai atau alat alat kantor ataupun perubahan mengenai proses penyelesaian suatu pekerjaan agak sulit menampungnya.
Susunan ruang yang dipergunakan untuk ruang bekerja tidak terpisah pisahkan atau tidak menggunakan penyekat, tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka sehingga semua yang bekerja tampak mudah diamati dari suatu sudut pandang.
•Keuntungannya:
- Pengawasan lebih mudah dan efektif terhadap segenap pegawai.
- Hubungan antar pegawai cepat dan mudah.
- Memperlancar arus pekerjaan dari meja satu ke meja lainnya.
- Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar
- Mudah merubah ruangan.
- Dapat merendahkan moral atau staf.
- Aka mengurangi keamanan bagi pekerjaan rahasia.
- Pekerja akan kehilangan kepribadiannya.
- Peralatan kantor yang dapat menimbulkan suara gaduh dapat mengganggu pekerja lainnya.
- Perencanaan cahaya
- Perencanaan warna
- Perencanaan udara
- Perencanaan suara.
Komentar
Posting Komentar